Resep Membuat Kue Rangi Sagu Tradisional Betawi

Kue rangi merupakan Kue Tradisional khas betawi yang terbuat dari kelapa dan sagu dengan dibalut saus gula merah yang manis dan legit. Kue ini mirip seperti kue pancong dengan ukuran lebih kecil tekstur yang lebih kasar mirip seperti kue sagon. Meskipun Kue ini terbuat dari bahan yang sangat sederhana namun rasanya wow MANTAP !!! tak kalah dengan aneka kue modern yang sekarng banyak beredar.

Dahulu Kue istimewa ini biasa dijajakan memakai pikulan atau gerobak keliling kampung. Kadang juga dijajakan di sekolah sekolah. Kue ini disukai oleh anak anak maupun dewasa Kini sudah sangat jarang pedagang yang jual kue rangi dan akibatnya kue istimewa ini kurang dikenal oleh generasi muda sekarang padahal kue rangi merupakan jajanan tradisional yang khas dan spesial rasanya

Cara membuat kue rangi sebenarnya tergolong mudah Namun keberadaan kue rangi mulai susah ditemukan.. Cara buat kue rangi masih menggunakan cara tradisional. Untuk melestarikan kue rangi berikut resep membuat kue rangi betawi tradisional.

kue rangi betawi

Bahan Membuat Kue Rangi
kelapa tua 200 gram  diparut kasar
tepung sagu 400 gram 
garam  1 sdt
air  125 ml 

Bahan Saus Rangi Gula Merah
gula merah  150 gram 
air 200 ml 
tepung sagu 5 sdt ( larutkan dengan 5 sdt air )

Cara membuat Kue Rangi:
  • Cara membuat saus : rebus air dan gula merah hingga gula larut kemudian Saring. Campurkan tepung sagu agar kental. Aduk hingga saus matang. Angkat.
  • Campur tepung sagu, kelapa parut, dan garam kemudian uleni sambil Masukan air sedikit demi sedikit hingga berbutir.
  • Panaskan cetakan kue rangi dengan api sedang. Tuangkan adonan kue rangi. Selanjutnya Tutup cetakan dan biarkan 5 menit hingga matang. Angkat. Kue rangi siap disajikan bersama saus gula merah.
Dengan mencoba resep kue sagu rangi berarti anda telah turut serta melestarikan kue tradisional ini. Kue rangi nikmat dijadikan cemilan saat santai di pagi maupun sore hari. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال