Resep Membuat Lapis Surabaya Spesial Lembut dan Enak

Lapis surabaya sejenis kue bolu yang ditumpuk berlapis lapis berwarna kuning dan coklat. Dari namanya pasti sudah jelas kue spesial yang mirip lapis legit ini berasal dari kota Surabaya. Namun pertama kali saya melihat kue lapis istimewa ini dijajakan justru di kota karawang. Jelas saja roti lapis surabaya memang sudah terkenal ke pelosok nusantara terutama di jawa dan bali.

Cake lapis surabaya selain dijadikan oleh oleh biasanya juga dijadikan jamuan untuk tamu dalam berbagai acara mulai dari kue ulang tahun, hajatan atau rapat. Roti lapis surabaya enak dinikmati kapan saja, harga lapis surabaya juga relatif terjangkau. Bagi anda yang kreatif tentunya lapis surabaya bisa menjadi usaha kue yang menguntungkan. Apalagi membuat kue lapis surabaya cukup mudah dan gak ribet.

Lapis surabaya rasanya legit, gurih dan pastinya mantap karena penggunaan telur dalam pembuatan kue lapis ini cukup banyak.Agar rasanya lebih ringan dan lembut serta lebih irit resep lapis surabaya ini telurnya saya kurangi. Untuk penggunaan tepung gunakan tepung protein sedang. Namun jika ingin yang lebih padat dan mengembang anda boleh menggunakan tepung dengan protein yang tinggi.

Kue Lapis Surabaya

Bahan Membuat Kue Lapis Surabaya
Lapisan kuning:
tepung terigu 35 gr  (Protein Sedang)
telur kuning  5
putih telur 3
putih telur 2 ( kocok )
gula pasir 75 gr
susu bubuk 15 gr
100 gr margarine ( lelehkan )
emulsifier 1 sdt
Selai secukupnya

Lapisan coklat:
kuning telur 5
putih telur 3
gula pasir 75 gr
tepung terigu 25 gr  (Protein Sedang)
coklat bubuk 15 gr
susu bubuk 10 gr
coklat pasta 1/4 sdt
100 gr margarine ( lelehkan )
putih telur 2
emulsifier 1 sdt

Cara membuat Kue Lapis Surabaya:
  • Untuk membuat kue lapis kuning dan coklat caranya sama : kocok telur, gula pasir serta emulsifier hingga mengembang dan adonan mengental dan bewarna putih. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, aduk sampai rata.
  • Masukkan margarine leleh, aduk sampai rata kembali. Kemudian masukkan telur putih kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  • Siapkan loyang dengan ukuran 24x24x4cm, olesi dengan minyak atau margarine serta alasi menggunakan kertas roti.
  • Masukan kedalam Oven panas dengan suhu 200 derajat celcius selama 30 menit sampai kue matang. Angkat dan dinginkan kue lapis surabaya.
  • Langkah terakhir ambil selembar lapis kuning letakan bagian kuning di bawah kemudian olesi dengan selai, tumpuk dengan lapis coklat olesi kembali dengan selai dan tumpuk dengan lapis kuning. Padatkan.
  • Potong sesuai selera. Kue lapis surabaya siap di nikmati.
Setelah jadi roti lapis surabaya dapan anda sajikan saat santai atau teman minum teh pasti rasanya terasa sangat istimewa. Jangan lupa bagi bagi ke saudara ke tetangga, teman teman Siapa tahu ada yang minat trus pesen kan lumayan. Kalo tidak di kasih juga saya mau terima dengan sukarela. Selamat mencoba resep lapis surabaya dirumah semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال