Resep Membuat Kue Bugis Tradisional Makasar Enak

Kue Bugis pasti yang belum pernah dengar kue ini tahunya kue ini berasal dari daerah makasar sehingga dikenal dengan nama kue bugis makasar. Namun ada yang bilang kue tradisional bugis ini berasal dari daerah sumatra ada pula yang bilang dari jawa barat. Tapi yang jelas kue ini adalah kue tradisional khas Nusantara yang telah lama dikenal di Indonesia. 

Kue basah tradisional ini terbuat dari ketan sehingga rasanya kenyal dan sedikit lengket, tapi saat digigit isi dari kue bugis ini bisa langsung terasa dilidah. Resep kue bugis ini memang istimewa karena proses pembuatannya juga masih tradisional.

Kue ini mirip kue mendut yang ada di daerah Jawa Tengah. Campuran daun pandan membuat kue bugis bewarna hijau menggoda. Biasanya kue bugis disajikan dengan saus santan mirip seperti kue mendut santan. Kue bugis tradisional biasa disajikan saat hajatan atau arisan. Kue tradisional bugis ini Nikmat juga disajikan sebagai teman minum teh, saat santai bersama keluarga. Saat ini kue khas bugis ini sudah mulai jarang kita jumpai baik di toko kue maupun pasar jajanan tradisional. Berikut Resep Membuat Kue Bugis Tradisional.

kue bugis makasar

Bahan Membuat kue bugis
tepung ketan 25 gr 
tepung kanji 50 gr 
air daun pandan 100 ml 
air 150 ml
air kapur sirih  1 sdt 
200 ml santan kental
Daun pisang ( untuk membungkus )

Isi kue bugis 
kelapa  100 gr (agak muda,  parut)
gula pasir 2 sdm
gula merah 100 gr  ( iris halus )
garam 1/2 sdt
100 ml air

Cara membuat Kue Bugis:
  • Membuat isi kue bugis : Campurkan semua bahan isi kue bugis jadi satu sampai gula merah lumer dan berubah menjadi adonan yang agak agak kering.  Angkat dan dinginkan adonan isi kue.
  • Membuat Kulit kue : Campurkan tepung ketan, tepung kanji dan ar daun pandan serta air kapur sirih, campur sampai adonan menjadi kalis. Beri air secukpnya Usahakan adonan jangan sampai encer karena kebanyakan air. Diamkan  sebentar.
  • Ambil adonan kulit sebanyak 1 sdm kemudian Isi dengan adonan isi kue bugis selanjutnya bulatkan adonan kulit tersebut. Beri sedikit santan kental selanjutnya letakan kedalam wadah tahan panas dan  Kukus sampai matang. Angkat. 
  • Sebelum dingin bungkus tiap bulatan adonan kue bugis dengan daun pisang bentuk segitiga atau sesuai selera. Biarkan dingin. Kue bugis sipa dihidangkan. 
Cara membuat kue bugis ini cukup mudah dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan disekitar kita. Coba juga resep membuat nagasari untuk menemani kue bugis yang telah anda buat. Selamat mencoba resep membuat kue bugis makasar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال