Obat Asam Urat Tradisional dan Alami yang Paling Mujarab


Jumlah penderita asam urat di indonesia terus bertambah secara signifikan. Selain pengobatan modern, obat asam urat tradisional ternyata juga semakin banyak dicari. Pengobatan secara tradisonal dan alami dipercaya lebih aman dan lebih mujarab dibanding pengobatan modern.

Penggunaan obat asam urat dari bahan alami memang nyaris tanpa efek samping. Pengobatannya pun relatif lebih murah dan mudah, karena bisa didapatkan dari tanaman di sekitar rumah kita. Berikut adalah beberapa jenis obat asam urat tradisional alami yang cukup mujarab khasiatnya:

Obat Asam Urat dari Daun Salam

Di antara sekian banyak obat asam urat herbal tradisional, daun salam termasuk yang paling mujarab khasiatnya. Meskipun daun yang lebih dikenal sebagai bumbu dapur ini murah dan terlihat remeh, namun ternyata dapat mengatasi penyakit asam urat dengan cepat.

Untuk mendapatkan khasiat daun salam ini, kamu cukup merebus 10 lembar daun salam ditambah setengah batang serai/sereh ke dalam air sebanyak 700cc. Rebus air hingga tersisa 200 cc saja, dan kemudian minum selagi masih hangat. Minum ramuan ini secara rutin sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. In-sha Allah dalam waktu beberapa minggu saja penyakit asam urat akan berkurang banyak, hingga akhirnya sembuh.

Obat Asam Urat dari Teripang

Ekstrak Teripang atau disebut juga Jelly Gamat juga cukup populer dan banyak dijual di toko-toko obat ataupun toko online. Produk satu ini memang agak sulit jika harus membuat sendiri, tapi untunglah tidak sulit dicari karena penjualnya sangat banyak.

Teripang mampu mengatasi asam urat berkat kandungan chondroitin sulfat dan glukosamin. Kedua senyawa ini merupakan komponen utama sendi tulang rawan. Asupan keduanya membantu dalam mengatasi radang (artritis), sebagai pelicin yang menjaga kelenturan sendi, memperbaiki kerusakan sendi, merawat jaringan ligamen pada tulang, dan mampu mencegah osteoporosis dan osteoarthritis. Selain untuk asam urat, teripang juga memiliki banyak khasiat lain untuk kesehatan.

Obat Asam Urat dari Labu Siam

Labu siam atau jipang. Buah yang masuk dalam kategori sayuran ini harganya murah dan sangat mudah didapat. Meski demikian, jangan remehkan kemampuannya dalam mengatasi asam urat. Labu siam bisa dijadikan obat asam urat yang mujarab karena kinerjanya cukup cepat dalam menurunkan asam urat di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup ambil sari buah labu siam ini dengan cara diblender atau diparut. Kualitas sari labu siam ini lebih bagus jika diparut saja, kemudian di peras untuk diambil sarinya. Satu buah labu untuk satu kali minum. Setelah kunsumsi rutin, sendi-sendi pun akan terasa lebih ringan, dan lutut tidak terasa berat lagi menyangga tubuh kita.

Obat Asam Urat dari Kulit Manggis

Khasiat ekstrak kulit manggis saat ini semakin populer berkat gencarnya iklan produk ini di televisi. Selain sebagai obat asam urat, kulit manggis memang memiliki banyak khasiat lain yang baik untuk kesehatan. Kandungan utama kulit manggus adalah senyawa xanthone, antioksidan ini berkhasiat mengurangi terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas dalam tubuh kita.

Selain itu, kulit manggis juga memiliki senyawa anti peradangan yang sangat membantu mengurangi rasa sakit penderita asam urat. Lebih lanjut lagi, kristal-kristal asam urat yang menumpuk pada persendian akan dipecah menjadi lebih kecil, sehingga lebih mudah dikeluarkan lewat saluran kencing atau feses.

Untuk mendapatkan ekstrak kulit manggis bisa dengan cara diblender, dikukus dan diambil sari patinya, atau lebih praktis lagi dengan membeli produk jadi yang kini mulai banyak tersedia di pasaran.

Obat Asam Urat dari Daun Kumis Kucing

Selain sebagai obat ginjal, penggunaan kumis kucing sebagai obat asam urat tradisional sudah cukup populer di masyarakat Indonesia. Daun kumis kucing memiliki senyawa kimia bernama orthosiphonin glikosida yang berkhasiat sebagai pelarut asam urat.

Untuk mendapatkan obat asam urat yang mujarab dari bahan daun kumis kucing ini, rebuslah 15 lembar daun kumis kucing ke dalam 500 ml air. Rebus hingga air tersisa setengahnya saja. Minumlah air rebusan tersebut 3 x 1 gelas setiap hari. Daun kumis kucing ini juga bisa direbus bersama daun meniran.

Nah, asam urat sekarang tidak hanya diderita oleh orang berusia lanjut saja lho. Pola makan yang kurang sehat membuat makin banyak penderita yang masih berusia muda. Jadi, kalau kamu merasa ruas jari-jari kaki dan tangan terasa sakit seperti ditusuk-tusuk, atau sendi-sendi terasa sakit dan bengkak, bisa jadi kamu terkena asam urat. Segera periksakan ke dokter untuk memastikan, dan cobalah resep obat asam urat tradisional di atas untuk mengatasinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال