Resep Balado Terong Pedas

Bingung mencari menu masakan enak dan murah? Jangan bingung-bingung bunda, karena bisa menyajikan salah satu menu masakan yang lezat dan murah harganya, yaitu resep balado terong pedas. Terong termasuk sejenis Sayuran yang minim penggemar, karena rasanya yang tidak begitu enak dan juga menganggap terong termasuk makanan yang tidak bergizi. Jika Anda berpikir demikian, Anda salah besar karena terong merupakan sejenis sayuran yang kaya akan manfaat dan kandungan gizi di dalamnya. Terong yang kita bicarakan ini tentunya adalah terong berwarna ungu.

Seperti kita ketahui, terong memiliki 2 jenis yakni terong hijau untuk lalapan dan terong ungu untuk bahan masakan. Sebelum kita membahas resep balado terong pedas, kita ulas sedikit saja mengenai terong ungu yang satu ini. Terong ungu memiliki kandungan serat tinggi, vitamin k, bioflavonoid, mineral dan juga kalsium. Nah, untuk Anda yang tidak menyukainya, kini Anda bisa mempertimbangkan makanan yang satu ini. Selain itu, terong juga termasuk makanan yang kaya akan manfaat.

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :

1 lembar daun salam
6 siung bawang merah
1 sdm gula pasir
2 buah tomat segar, potong
1 lembar daun salam
4 buah cabai merah
1 sdt terasi
4 siung bawang putih, iris
5 buah terong ungu
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
4 buah cabe rawit atau sesuai selera
garam secukupnya
minyak secukupnya
1 batang serai

Cara Membuat :

Langkah pertama, siapkan terong kemudian cuci bersih pada air mengalir, kemudian potong terong secara melintang atau sesuai selera.
Lalu panaskan minyak pada wajan dan masukkan terong, lalu goreng hingga matang. Seusai matang, kemudian angkat dan tiriskan.
Haluskan bumbu-bumbu bawang putih, cabai, terasi dan bawang merah sampai halus.
Kemudian masukkan bumbu tadi pada minyak panas. Dan tumis bersamaan dengan jahe, daun salam, lengkuas dan serai. Tambahkan dengan gula dan garam lalu cicipi. Tambahkan tomat yang telah dipotong pada tumisan tadi.
Masukkan terong pada tumisan, lalu goreng dan aduk secara merata. Masak terus sampai bumbu meresap dan terong matang.
Jika sudah matang, angkat lalu sajikan.

Demikianlah tips resep balado terong pedas yang gurih dan lezat untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال