Resep Sayur Asem Kacang Merah Khas Sunda

Resep Sayur Asem Kacang Merah Khas Sunda – Sayur asem kacang merah ini adalah salah satu jenis masakan sayuran yang memiliki ciri khas rasa asam, pedas, dan asin serta berbahan dasar kacang merah.

Anda yang berasal dari tanah Sunda tentu sudah akrab dengan hidangan sayur yang satu ini, resep sayur asem ini sangat menyegarkan dan mudah untuk di buat. Ketika rasa rindu akan kampung halaman, Anda dapat mencoba memasak hidangan ini sendiri untuk mengobati rasa rindu, ataupun untuk Anda yang tidak berasal dari tanah Sunda dapat juga mencoba memasak sayur ini untuk variasi lauk dan sayur di rumah. Sayur asem kacang merah dapat Anda sandingkan dengan lauk ikan goreng ataupun ayam goreng yang akan semakin menambah kenikmatan makan Anda. Simak bahan dan cara pembuatannya berikut ini yang cukup sederhana.

Siapkan kacang merah sekitar 100 gram cuci bersih dan rendam terlebih dahulu dalam air agar mudah empuk saat dimasak nanti. Untuk daftar bumbu dari resep sayur asem kacang merah ini antara lain:

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :

Bawang putih 3 siung iris kasar
Bawang merah 8 siung iris kasar
Lengkuas 2 cm iris kasar
Daun salam 3 helai
Air asam jawa
Gula merah
Garam dan terasi bakar
Tomat
Daun bawang iris besar
Cabai merah besar yang sudah dibuang isinya

Cara Membuat :

Panaskan air hingga mendidih terlebih dahulu, kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun salam. Tunggu hingga beberapa saat.
Selanjutnya masukkan kacang merah yang sudah direndam tadi, masak hingga kacang menjadi benar-benar empuk.
Masukkan 1 sendok teh air asam jawa dan gula jawa, serta 2 sendok teh garam. Aduk hingga merata.
Terakhir, masukkan terasi bakar, irisan daun bawang, irisan tomat, dan cabai merah. Aduk hingga merata dan tunggu sampai matang.
Nah, Resep Sayur Asem Kacang Merah sudah selesai dimasak. Dapat Anda nikmati saat hangat dengan nasi putih. Akan bertambah nikmat dipadukan lauk ikan pindang, ikan asin atau juga cukup dengan tempe goreng. Wah, nikmat sekali ya olahan sayur sederhana ini. Bagi Anda yang rindu kampung halaman telatah Sunda dapat langsung mencoba resep ini di rumah, dan bagi Anda istri yang bersuamikan orang sunda wajib menguasai olahan ini. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال