6 Langkah Membuat Ketupat Yang Enak dan Tahan Lama

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Biasanya kita membuat ketupat dalam jumlah yang agak banyak. Agar tidak mudah basi ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan. Yuk kita coba!



Pemilihan Beras

 
Untuk membuat ketupat yang enak dan tahan lama, pastikan dahulu beras yang Anda gunakan berkualitas bagus dan bermutu. Cuci beras yang akan digunakan hingga bersih agar ketupat bertekstur lembut dan tidak cepat basi. Setelah dicuci sebaiknya direndam selama 30 menit, lalu tiriskan.

Pemilihan Kulit Ketupat


Pilihlah kulit ketupat yang bersih, dan masih segar, anyamannya pun rapi dan rapat. Agar hasil ketupat Anda padat dan bersih. Jika Anda bisa membuatnya sendiri, Anda bisa membeli kulit ketupat yang masih menjadi janur.

Pengisian Kulit Ketupat


Isilah kulit ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih dengan ukuran 1/3 - 2/3 dari tinggi kulit ketupat. Jika Anda mengisinya terlalu banyak hasilnya ketupat akan mengeras dan kurang matang, sedangkan jika mengisinya terlalu sedikit ketupat akan menjadi lembek.






Proses Merebus Ketupat

 
Selama proses merebus, pastikan ketupat terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna. Jika saat merebus airnya menyurut tetapi ketupat belum terlalu matang, Anda bisa menambahkannya dengan air mendidih agar proses pemasakkan terus berlangsung. Saat merebus pun Anda bisa mengganti air dengan santan bila Anda inginkan ketupat menjadi lebih gurih. Biasanya Ketupat dimasak dalam waktu 4-5 jam.

Ketupat Matang


Jika ketupat sudah matang celup-celupkanlah ke dalam air mendidih lalu siram dengan air biasa kemudian gantung ketupat  agar air menetes dan tidak ada air yang mengendap dalam ketupat. Karena ketupat yang mengandung air akan lebih cepat basi.

Penyajian dan Penyimpanan Ketupat



Saat penyajian ketupat pastikan dalam keadaan dingin atau sudah tidak panas, agar bentuk yang dihasilkan ketupat sempurna.  Potong ketupat seperlunya saja, karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih mudah basi daripada yang masih terbungkus utuh. Simpan ketupat dalam lemari es (bungkus plastik agar kulitnya tidak kering). Ketupat yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan 4-7 hari. Kukus ketupat (jangan direbus) untuk menghangatkan kembali ketupat sebelum disantap.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال