Resep Manisan Pepaya Kering

Selain dapat dimakan secara langsung, buah-buahan juga bisa diolah menjadi jenis makanan lainnya. Salah satu yang paling disukai adalah manisan. Banyak jenis buah-buahan yang bisa diawetkan diantaranya ; manisan pepaya kering dan basah , manisan kolang kaling , manisan pepaya muda dan lainnya. Sekarang kita mencoba membuat manisan pepaya


Bahan

-    Buah pepaya mengkal 1 buah
-    Gula 800 gr - 1 kg
-    Larutan garam
-    air 1 liter
-    4 sdm garam
-    Larutan kapur sirih
-    air 1 liter
-    3 sdt kapur sirih


Cara Membuat :
-    Potong memanjang buah pepaya, kalo bisa irisanya jangan terlalu tebal. Lalu rendam ke dalam larutan garam sampai layu, tiriskan.
-    Bentuk pepaya sesuai selera dan kreatifitas kamu, Selanjutnya, rendam lagi kedalam larutan kapur sirih selama semalaman. Tiriskan dan cuci sampai bersih.
-    Masukkan 200 gram gula ke dalam pepaya, aduk rata, diamkan selama 2 jam hingga keluar air, tiriskan dan sisihkan airnya.
-    Tambahkan air gula bekas rendaman dengan 150 gram gula lalu masak hingga mengental. Angkat lalu dinginkan Tuangkan air gula ke pepaya. rendam semalaman di toples hingga keluar air. Lakukan langkah ini sebanyak 2 kali hingga gula habis. Tiriskan pepaya lalu sajikan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال