Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat


Jerawat memang menyebalkan. Tapi bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut ya? Well, sebenarnya ada begitu banyak obat jerawat yang ditawarkan di pasaran. Namun kali ini kita bahas aja cara menghilangkan jerawat secara alami. Kita pilih cara ini karena hasilnya lebih tahan lama, tanpa efek samping, dan mampu menyembuhkan jerawat langsung ke sumber penyebabnya.

Sebelum kita omongin masalah tips menghilangkan jerawat ini, lebih dulu kita kenali apa aja sih penyebab jerawat ini? Ternyataaa, jerawat itu nongol bukan semata-mata karena kita lagi jatuh cinta, galau, dan sejenisnya. Nih, penjelasan ilmiah kenapa kita bisa jerawatan.

Penyebab Jerawat:

  1. Faktor hormonal. Ketika kamu memasuki masa remaja alias masa puber, produksi hormon tertentu dalam tubuh kamu pun meningkat. Efek samping peningkatan hormon ini adalah produksi minyak dan keringat yang semakin banyak. Kalau digabung dengan penyebab nomor satu di atas, maka potensi timbulnya jerawat makin besar. 
  2. Penyebab jerawat lainnya adalah stress. Ketika stress, tubuh kita memproduksi lebih banyak sebum yang merupakan zat berminyak. Kombinasi sebum dan sel kulit mati dan bakteri membuat sang jerawat pun segera datang. 
  3. Faktor keturunaan. 
  4. Pengaruh obat-obatan. beberapa jenis obat/pil seperti pil KB membuat muka lebih mudah terkena jerawat. 
Setelah mengetahui penyebab jerawat ini, sekarang kita bahas cara mengobati atau menghilangkan jerawat tersebut secara alami. Cara pengobatan jerawat secara alami dibagi menjadi dua bagian, yaitu mengobati dari dalam dan mengobati dari luar.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengobati Jerawat dari Dalam:

  1. Minum air putih. Meskipun terlihat sepele, minum air putih dalam jumlah yang mencukupi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain untuk mengurangi kolesterol dan asam urat, air putih juga membantu metebolisme tubuh dan regenerasi sel kita. Kulit kita sebagian besar terdiri dari air (70%). Nah, dengan minum air putih setidaknya 2 liter perhari, maka kulit akan menjadi sehat dan segar. 
  2. Konsumsi sayur dan buah. Sayuran dan buah buahan mengandung banyak serat yang membantu menyerap lemak jahat dan minyak yang berlebih. Selain itu, dalam sayuran dan buah terdapat berbagai macam vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan kulit kita. Jadi kalau pingin wajah kita terlihat halus dan cerah, banyak-banyakin aja makan sayuran dan buah. 
  3. Hindari makanan berlemak. Ingat ya, 70% jerawat terjadi karena pengaruh dari dalam tubuh kita. sedangkan sisanya barulah dari luar tubuh berupa kotoran, minyak, atau bakteri.Makanan berlemak, gorengan, fast food adalah beberapa penyebab utama nongolnya jerawat di muka kamu. Gantilah cemilan kamu dengan buah-buahan, yang selain enak juga menyehatkan. 
  4. Jangan begadang. Jam 11 sampai jam 1 malam adalah waktu yang krusial bagi kulit, karena saat tersebutlah kulit beristirahat dan melakukan regenerasi, serta membuang racun-racun di kulit. Dengan kebiasan tidur yang baik dan teratur, kulit akan selalu terasa lebih segar pada keesokan harinya.

Mengobati Jerawat dari Luar Secara Alami

1. Cara menghilangkan jerawat menggunakan masker tomat.
Tomat dikenal sebagai buah yang mengandung Antioksidan lycopene, vitamin C dan Vitamin A dalam dosis tinggi. Kandungan ini sangat berguna bagi kulit kita, terutama dalam mencerahkan dan mengatasi jerawat. Cara mengobati jerawat menggunakan tomat ini cukup mudah. untuk jerawat ringan, cukup oleskan irisan tomat ke wajah kita selama 10 sampai 15 menit. Sedangkan pada jerawat yang lebih parah, haluskan tomat dan oleskan pada kulit muka sebagai masker. Diamkan selama satu jan dan kemudian basuh hingga bersih. 

2. Cara menghilangkan jerawat menggunakan putih telur.
Penggunaan masker putih telur sudah lama dipercaya mampu mengobati jerawat. Selain itu, masker ini juga mampu mengurangi flek hitam di wajah, melembabkan dan mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori kulit, serta membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Untuk penggunaannya, kocok putih telur sebentar, kemudian oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit hingga masker mengering. Minyak yang menempel pada wajah pun segera terangkat.

3. Cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih.
Kamu pasti sudah kenal dengan kehebatan bawang putih sebagai antioksidan dan antibakteri. Khasiat bawang putih sangat bagus untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Untuk kulit wajah, bawang putih mampu menghilangkan jerawat secara alami dengan kemampuan antibakteri plus anti oksidannya yang menjaga kulit tetap sehat. Penggunaan bawang putih sebagai obat jerawat cukup mudah. Cukup dengan menumbuk dan mengoleskannya pada wajah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Cara menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya.
Berdasarkan pengalaman banyak orang, lidah buaya cukup efektif dalam menghilangkan jerawat dan komedo. Kunci dari kemampuan lidah buaya ini terletak pada gel atau dagin lidah buaya yang mengandung antibakter dan astringen yang mampu menetralisir lemak. Disamping itu, tanaman yang baunya agak menyengat ini juga kaya akan vitamin A dan E yang memang dikenal ampuh dalam menyehatkan kulit.

Penggunaanya cukup dengan mengoleskan dagin atau gel lidah buaya ini pada wajah atau bagian yang terkena jerawat. Namun buat kamu yang pertama kali mencoba, jangan kaget jika jerawatmu terlihat tambah parah. Terus lanjutkan saja terapi lidah buaya ini, karena pada dasarnya lidah buaya sedang bekerja menyedot lemak berlebih. Dengan penggunaan secara teratur, jerawat diharapkan dapat hilang dengan tuntas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال