10 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami


Putih, mulus, cantik lagi! Begitu mungkin definisi cantik bagi kebanyakan wanita di Asia, termasuk Indonesia. Berbagai cara memutihkan kulit wajah secara alami maupun melalui obat dan kosmetik banyak dilakukan oleh para wanita, dan juga beberapa pria yang kini semakin memperhatikan penampilan mereka. Tapi tentu saja, memutihkan wajah secara alami menjadi pilihan yang lebih baik dan sehat. Selain lebih murah, proses pemutihan kulit wajah secara alami juga tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.
Berikut adalah beberapa cara memutihkan wajah secara alami:

1. Cara memutihkan kulit wajah dengan bengkoang

Bengkoang sudah lama dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit wajah. Hasil penelitian dari Endang Lukitaningsih (peneliti Indonesia yang melakukan riset di Universitas wurzburg, Jerman) menyebutkan, Bengkoang mengandung banyak cairan yang memberi efek dingin. Bengkoang juga mengandung banyak vitamin C, saponin dan antioksidan flavonoid yang merupakan senyawa alami, yang berfungsi sebagai tabir surya. Zat-zat antioksidan pada bengkoang juga efektif memelihara kulit dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan timbul bercak-bercak hitam.

Tips memutihkan kulit wajah dengan bengkoang cukup mudah kok. Kamu cukup parut dan peras bangkoang yang sudah dikupas. Diamkan hasil perasan bengkoang tersebut sampai mengendap. Nah, endapan tersebut yang kemudian dipakai untuk masker wajah. Gampang kan?

2. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis memiliki khasiat mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah. Jadi, kalau kulit muka kamu terasa kusam dan ada flek atau noda hitam, gunakanlah salah satu jenis jeruk di atas untuk mengatasinya. Jeruk nipis bisa dijadikan pilihan utama karena harganya lebih murah dan lebih mudah didapatkan.

Lemon dan jeruk nipis juga bekerja membersihkan kotoran pada pori-pori pada wajah kamu, sehingga wajah terlihat lebih cerah dan bersih. Tips memutihkan wajah dengan lemon dan jeruk nipis ini sangat simpel. Potong dan peras beberapa jeruk nipis atau lemon ke dalam mangkuk. Kemudian usapkan pada wajah menggunakan kapas secara melingkar. Kamu tidak perlu membilas olesan air jeruk ini. Biarkan saja air jeruk ini meresap dan bekerja maksimal.

3. Cara memutihkan kulit wajah dengan mentimun

Mentimun atau timun merupakan buah yang masuk dalam kategori sayuran. Harganya cukup murah dan gampang dicari. Tapi dibalik harganya yang murah, mentimun menyimpan banyak manfaat yang menyehatkan untuk wajah kita. Dengan besarnya manfaat dimiliki, nggak heran kalau buah ini banyak dipakai industri kosmetik dan kecantikan. Coba saja cek di supermarket, banyak lotion atau pembersih wajah yang mengadung cucumber alias si timun ini.

Untuk mendapatkan khasiat timun ini, cukup campurkan 1 buah mentimun yang sudah dijus dan dibuang bijinya, dengan beberapa sendok susu atau yoghurt tawar. Kemudian oleskan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan sekitar 20 menit, baru setelah itu bilas dengan air dingin. Jika dilakukan secara rutin seminggu sekali, kulit wajah tidak hanya menjadi lebih cerah, tapi juga menjadi lebih halus dan sehat.

4. Putihkan wajah dengan lobak

Seperti halnya Bengkoang, Lobak yang juga merupakan umbi berwarna putih banyak mengandung antioksidan dan vitamin seperti vitamin E, C, beta carotene dan juga mineral mangan yang sangat bermanfaat dalam proses detoksifikasi tubuh kita. Bila diaplikasikan pada wajah, lobak dapat memperbaiki tekstur dan warna kulit pada wajah kita menjadi lebih cerah.

Penggunaan lobak untuk pemutih wajah juga tidak sulit. Cukup dengan memarut atau dijus, kemudian oleskan pada wajah atau bagian kulit lainnya secara merata. Biarkan selama 15 menit, dan baru kemudian dibilas.

5. Yoghurt / madu

Selain enak dimakan, yoghurt juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kulit wajah kita. Perpaduan youghurt dan madu misalnya, mampu mencerahkan kulit wajah sekaligur meratakan warna wajah yang tidak merata.

Buat kamu yang merasa kulit wajahmu terasa kusam, bisa mencoba campuran yoghurt, pisang dan madu. Campur pisang yang sudah dihaluskan dengan yoghurt dan madu. Oleskan pada wajah, dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, basuh dengan air dingin. Kulit wajah akan langsung terasa lebih halus.

Untuk yoghurt tawar, oleskan pada daerah sekitar mata untuk mengurangi efek mata panda (hitam di sekeliling mata). Biarkan selama 15 menit sebelum tidur.

6. Memutihkan wajah dengan Putih telur

Putih telur, terutama yang berasal dari ayam kampung, memiliki banyak khasiat untuk mempercantik kulit wajah. Selain mampu mengurangi noda atau flex hitam pada wajah, putih telur juga mampu membuat pori-pori wajah yang terbuka menjadi rapat kembali. Hasilnya, kulit wajah menjadi terlihat kencang dan segar, sekaligus mencegah jerawat muncul di wajah kamu.

Khasiat lain putih telur untuk wajah adalah mampu mengurangi komedo pada wajah, terutama bagian hidung. Putih telur juga bisa membersihkan kotoran, terutama yang disebabkan kulit berminyak.

Untuk mendapatkan masker putih telur, cukup kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan satu sendok madu, dan kemudian aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Cara memutihkan kulit wajah dengan susu

Produk susu sudah sejak lama digunakan oleh perempuan di asia maupun eropa untuk kecantikan. Susu dipercaya mampu membuat kulit lebih segar dan cerah. Selain itu, kandungan asam laktat pada susu ternyata mampu mengurangi flex atau bintik hitam pada wajah, sekaligus memutihkan kulit wajah secara efektif.

Masker susu juga bermanfaat dalam melembabkan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati dari wajah. Secara tidak langsung hal ini membuat wajah kita terlihat lebih mudah dan cerah.

Untuk mendapatkan khasiat susu sebagai pemutih kulit wajah, yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampur susu bubuk dan madu dengan perbandingan 3:1. Sebelum dicampurkan madu, terebih dahulu susu dicairkan dengan air hangat hingga kental. Setelah jadi, oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

8. Kulit Putih Berkat kentang

Tidak hanya enak, kentang juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit kita lho. Kentang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti kutil, bisul, kulit berminyak, luka bakar, dan jerawat. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kentang untuk memutihkan wajah secara alami, tanpa efek samping. Dengan perawatan yang rutin, noda atau flek hitam pada wajah akan memudar.

Langkah memutihkan wajah dengan kentang ini mudah saja. Cukup dengan memarut atau blender satu buah kentang dan campurkan dengan satu sendok madu hingga merata. Balurkan campuran tersebut pada muka secara merata. Tunggu sampai kering dan kemudian bilas dengan air dingin.

9. Membersihkan Kulit dengan pepaya

Buah pepaya dikenal mengandung banyak enzim papain yang dapat berfungsi sebagai eksfoilator, yaitu membersihkan kotoran sekaligus mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih halus, lebih terang dan lebih muda. Hal ini karena proses regenerasi kulit menjadi lebih lancar.

Untuk proses memutihkan kulit wajah menggunakan pepaya, yang perlu kamu lakukan hanyalah menghaluskan buah pepaya dengan diparut atau diblender. Pepaya yang sudah halus dicampur dengan jeruk nipis untuk kemudian dibalurkan pada wajah, leher atau bagian lain yang diinginkan. Efek perbaikan kulit akan lebih terasa jika proses ini dilakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali.

10. Konsumsi Makanan Sehat

Memutihkan kulit wajah tidak hanya bisa dilakukan lewat perawatan luar saja, tapi juga bisa lewat asupan nutrisi yang tepat. Perbanyaklah makanan yang kaya akan vitamin B seperti kacang-kacangan, pisang, sereal, gandum utuh, telur, ayam dan yoghurt. Selain lezat, makanan ini juga merupakan pencerah kulit yang alami.

Selain vitamin B, makanan kaya vitamin A seperti brokoli, wortel, jeruk dan semangka juga baik untuk kulit, karena mampu mencegak timbulnya flek hitam serta melindungi kulit dari efek penuaan yang diakibatkan sinar matahari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال