Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok dengan Benar


Bagi pria, rambut kering atau bahkan rontok mungkin tidak terlalu membuat mereka khawatir. namun bagi wanita, rambut kering dan rontok bisa menjadi masalah tersendiri, mengingat rambut adalah mahkota dan perhiasan penunjang penampilan mereka. Untuk mengatasinya, kamu para wanita tentunya harus tau cara merawat rambut kering dan rontok dengan benar. Perawatan yang salah tidak hanya membuat kondisi rambut tak kunjung membaik, tapi malah bertambah kering dan rontok.

Sebelum kita membahas cara merawat rambut yang kering dan rontok, sebaiknya kita kenali dulu penyebab-penyebab rambut bisa menjadi kering dan rontok. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut menjadi kering dan rontok:
  • Sakit. Ketika kamu sedang menderita penyakit tertentu, kesehatan rambut kamu juga ikut terpengaruh. kerusakan pada rambut ini bisa terjadi ketika kamu sedang sakit, atau ketika sedang dalam pemulihan. Kerusakan rambut juga bisa diakibatkan pengaruh obat-obatan yang kamu konsumsi selama sakit. Tapi jangan khawatir, kerontokan akah berakhir setelah kamu sembuh dan berhenti mengkonsumsi obat.
  • Faktor hormon. Hormon testosteron menjadi hormon Dihydrotestosteron (DHT) ternyata menjadi salah satu penyebab utama kerontokan rambut pada pria maupun wanita. Kasus ini lebih sering menimpa pada pria, sehingga mengakibatkan kebotakan. Namun wanita juga bisa mengalaminya, meski kasusnya cukup jarang. Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui pasti mengapa hormon testoteron ini bisa berubah menjadi DHT. Selain karena DHT, rambut juga bisa rontok akibat gangguan hormonestrogen dan androgen.
  • Stress. Tekanan bathin, stress atau perasaan yang tertekan bisa menyebabkan kerontokan rambut, terutama pada wanita. Putus cinta, kematian anggota keluarga, keributan rumah tangga bisa menjadi faktor penyebab.
  • Hair dryer. Penggunaan hair dryer yang salah dan berlebihan seringkali menjadi penyebab utama rambut kering pada wanita.
  • Sinar matahari. Terkena panas sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan gatal.
  • Pewarna rambut. Penggunaan pewarna rambut dalam jangka waktu lama akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan tidak sehat. Penggunaan zat-zat kimia pada proses perawatan rambut di salon juga bisa menjadi penyebab rambut kering dan rontok.
  • Diet. Program diet ketat kadang malah membuat tubuh kita kekurangan nutrisi. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Diet juga bisa membuat tubuh kita stress tanpa kita sadari.

Setelah kita tahu apa saja penyebab rambut kering dan rontok, selanjutnya adalah memahami cara mengatasi dan merawat rambut yang kering dan rontok tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:


  • Keramas secara teratur. Kermaslah dengan rutin, tapi jangan terlalu sering atau terlalu jarang. Keramas terlalu sering akan membuat kadar minyak di rambut cepat habis. Sedangkan jarang keramas akan membuat rambut kotor dan tidak sehat, karena timbunan bakteri yang meningkat yang menyebabkan gatal dan ketombe. Lalu seberapa sering kita boleh keramas? Well, tidak ada aturan yang pasti karena kondisi rambut setiap orang berbeda-beda. Orang dengan rambut berminya bisa keramas tiap hari tanpa masalah. Sebaliknya, mereka yang rambutnya kering sebaiknya cukup 2-3 hari sekali. Satu lagi yang perlu dicatat, jangan sekali-kali menggaruk kepala pada saat gatal atau saat keramas. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit kepala yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut.
  • Hindari penggunaan air panas / udara panas. Ketika mandi, usahakan tidak mengguyur kepala anda dengan air yang hangat - cenderung panas. Karena akan membuat rambut cepat kering dan tersiksa. Hal yang sama juga terjadi ketika kamu mengeringkan rambut dengan hair dryer terlalu dekat. Jika ingin mengeringkan rambut dengan cepat, cukup gunakan kipas angin saja.
  • Gunakan kondisioner. Setelah keramas, jangan lupa gunakan juga kondisioner untuk melmbabkan rambut kamu. Gunakan kondisioner mulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung. Dengan bantuan kondisioner ini, rambut akan terjaga kelembabannya. Tidak mudah patah dan kering.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال