Resep Membuat Kue Bolu Gulung Kukus Coklat Keju Lembut

Kue bolu gulung kalau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama kue Swiss roll cake yaitu sejenis sponge cake yang dibuat dengan cara mencetak adonan pada loyang yang kemudian dilapisi dengan selai dan di gulung.

Bolu gulung lembut dan lezat dimulut, sehingga banyak disukai mulai dari kalangan anak anak sampai dewasa. Kue ini bisa disajikan untuk menjamu tamu  diberbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, rapat dan cocok juga dinikmati saat santai sebagai teman minum teh.

Salah satu jenis kue bolu gulung yang terkenal di indonesia adalah kue bolu gulung meranti dari kota medan. Balu meranti memiliki aneka macam rasa mulai dari keju, coklat, moka strawberry, nenas, bluebbery,  meses dan semuanya enak.  Harga bolu gulung meranti antara 40 sampai 60 ribu cukup terjangkau untuk rasa yang begitu istimewa.

Resep bolu gulung sebenarnya mudah dibuat namun memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian karena cara membuat cake gulung  yang salah sering menyebabkan kue retak dan kurang menarik. Kue Bolu gulung biasanya dibuat dengan cara dipanggang tapi saya lebih suka dengan kue bolu gulung kukus karena rasanya lebih lembut dan lebih legit. Berikut resep membuat kue bolu gulung spesial

cara buat bolu gulung coklat keju

Bahan Bolu Gulung Coklat Keju:
tepung terigu 50 gr
gula pasir 40 gr
garam 1/4 sdt 
emulsifier 1/2 sdt 
telur 2 btr 
santan kental 50 ml 
cokelat  pasta secukupnya


Bahan fla Bolu Gulung:

tepung maizena 2 sdm 
santan encer 150 ml
gula pasir 40 gr 
garam 1/4 sdt 
keju parut

Cara membuat bolu gulung Lembut:
  • Kocok gula pasir, emusifier garam dan  telur sampai mengembang kemudian masukkan  tepung terigu sambil diaduk secara pelan sedikit demi sedikit
  • tambahkan santan kental aduk kembali sampai rata.
  • Ambil 1 sendok makan adonan campurkan dengan pasta coklat untuk membuat motif kue bolu.
  • Tuangkan adonan kedalam loyang kotak ukutan 22x22x4 cm yang sudah dialasi kertas roti 
  • Masukan campuran pasta coklat kemudian buat motif yang kreative.
  • Kukus adonan kue bolu gulung sampai matang kurang lebih 10 menit tutup dengan air jangan sampai air menetes ke adonan. Angkat dan dinginkan.
  • Membuat fla bolu : tepung maizena, santan cair, gula pasir dan garam jadi satu, masak menggunakan api kecil aduk terus sampai kental dan mendidih, angkat kemudian letakan diatas kue bolu dan ratakan. Taburkan keju parut diatasnya kemudian gulung dengan perlahan jangan sampai patah dan padatkan.
  • Agar lebih mantap Simpan kue bolu ke dalam lemari es hingga fla beku. Potong kue bolu gulung sesuai selera anda, siap disajikan.
Oia sebagai tambahan saat mengocok adonan kue tidak perlu menggunakan mixer, cukup dikocok biasa menggunakan sendok kayu. Kue Bolu gulung kukus tidak bertahab terlalu lama, biasanya 2 sampai 3 hari jika tidak dimasukan pendingin. Namun tidak usah kawatir karena dijamin bolu gulung yang anda buat akan habis kurang dari sehari karena rasanya yang enak dan mantap.

Untuk membuat Kue bolu gulung yang mantap membutuhkan kuning telur lebih banyak namun membuat bolu dengan sedikit kuning telur juga bukan hal yang susah. anda bisa juga membuat kue dengan sediSelamat mencoba Kue Bolu Gulung Kukus Coklat Keju  dirumah dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال