Resep Cara Membuat Kue Kering Jahe Mudah dan Lezat

Kue jahe atau gingger bread alias roti jahe termasuk jenis kue kering yang enak dijadikan cemilan karena rasanya yang gurih dan lezat. Kue jahe juga sangat mudah dibuat. Bentuk kue jahe biasanya berbentuk bundar ada juga yang dibentuk boneka imut. Di Indonesia ada jenis kue jahe yang istimewa yaitu kue kering bangkit sehingga Kue jahe juga dikenal dengan nama kue bangket jahe atau kue bangkit jahe. Aroma jahenya terasa segar dan nikmat saat dinikmati rasanya juga gurih dan lembut.

Ada dongeng tentang kue jahe, konon dahulu kala kue ini dibuat oleh seorang nenek dan kakek yang dibuat boneka mirip manusia. Kemudian boneka kue jahe ini hidup dan berlari sekencang kencangnya Karena takut dimakan. Roti jahe kecil ini bisa berlari cepat sehingga tidak ada yang bisa menangkap untuk memakannya.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan rubah. dengan sombong ia pun menantang rubah untuk balapan lari agar rubah bisa memakannya namun sang rubah tidak mau karena rubah tak ingin memakan kue jahe. Karena rubah tidak ingin memakan kue jahe akhirnya si kue berhenti berlari dan mendekati rubah. tiba tiba hap.... kue jahe dimakan si rubah. Dan berakhirlah cerita kue jahe. Nah bagi anda yang ingin membuat kue jahe bisa mencoba resep kue jahe yang simple berikut ini.

roti jahe

Bahan Kue Kering Jahe:
tepung terigu 2 1/4 gelas
jahe parut segar 2 sdm
gula putih 1 cangkir
1 butir telur
molasses 1/4 cangkir
mentega 3/4 cangkir
baking soda 1 sdt
1/2 sdt garam


Cara Membuat kue jahe:
  • Campurkan tepung terigu, garam serta baking soda kedalam wadah besar. Sisihkan
  • Kocok jahe, gula dan mentega hingga halus dan mengembang kemudian masukkan molase serta telur, kocok kembali.
  • Masukkan campuran tepung terigu ke dalam kocokan jahe secara perlahan hingga rata. Biarkan selama 1 jam.
  • Bentuk adonan kue jahe menjadi bulat kemudian pipihkan, selanjutnya gulingkan kedalam gula. Letakan pada loyang berijarak 5 cm antara kue. panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius sampai sisinya berwarna kecokelatan selamat kurang lebih 15 menit. ANgkat
  • BIarkan kue tetap di loyang selamat satu menit baru kemudian dipindahkan ke wadah atau toples kue agar kue benar benar dingin.
Mudah bukan membuat kue jahe, Anda bisa menggunakan cetakan kue jahe jika anda ingin membuat kue jahe dengan bentuk boneka atau bentuk lainnya. Kemudian anda bisa menghiasi kue kering ini dengan aneka permen atau karamel. Sajikan dengan susu hangat pastinya akan membuat kue jahe semakin enak. Selamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال